Monday, August 8, 2011

Buletin Ramadhan : BERPAKAIAN TAPI TELANJANG

Segala puji bagi Allah Robbul’Alamin, yang berfirman di dalam kitab-Nya: “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaaan Allah ta’ala, mudah-mudahan mereka selalu ingat“ ( Al-A’raf : 26 )

Telah nampak tanda-tanda akhir suatu zaman, hari kiamat kian dekat. Kita lihat di sekeliling kita, betapa banyak wanita muslimah berlalu-lalang di jalan-jalan tanpa rasa malu sedikitpun menanggalkan pakaian identitasnya. Amatlah sulit dibedakan antara wanita muslimah dan wanita kafirah. Mereka baru diketahui identitasnya setelah dibuka KTPnya. Na’udzubillahimin dzaalik !
Kita diingatkan sabda Rosululloh shalallahu’alaihi wasallam :
“Pada akhir ummatku nanti akan ada wanita-wanita yang berpakaian namun (hakekatnya) telanjang. Di atas kepala mereka seperti terdapat bongkol ( punuk ) unta. Kutuklah mereka karena sebenarnya mereka itu adalah kaum wanita yang terkutuk“. Di dalam hadist lain terdapat tambahan: “Mereka tidak akan masuk syurga dan juga tidak akan memperoleh baunya syurga, padahal baunya jannah itu dapat dicium dari perjalanan ( jarak ) sekian dan sekian “ (HR. At-Thabrani) dalam “Al-Mu’jam As-Shagir” hal 232 dari hadist Ibnu Amru dengan sanad shahih.
Ibnul Abdil Barr berkata : “ Yang dimaksud Nabi Salallahu’alaihi wasallam adalah kaum wanita yang mengenakan pakaian yang tipis, yang dapat mensifati ( menggambarkan ) bentuk tubuhnya dan tidak dapat menutup atau menyembunyikannya. Mereka itu tetap berpakaian namanya, akan tetapi pada hakekatnya telanjang”.
Dalam kitab protokolat yahudi yang disampaikan oleh seorang tokoh misionaris yahudi yang terkenal yaitu Samuel Zweber, dia mengatakan : “Kita tidak bisa mengeluarkan umat Islam dari agamanya untuk berpindah agama lain, akan tetapi yang akan kita lakukan adalah menjauhkan umat Islam dari ajaran agamanya, sehingga yang ada nantinya adalah generasi-generasi yang jauh dan bodoh terhadap ajaran Islam, umat Islam yang asing dengan Islam itu sendiri, sehingga nantinya mereka justru bangga dengan pola pikir budaya barat dan bertingkah laku seperti orang-orang barat.”
Apa yang disampaikan oleh tokoh misionaris tadi ternyata sekarang mulai kita lihat dan rasakan. Kaum muslimah dijadikan sasaran musuh-musuh Allah ta’ala. Apalagi ditambah propaganda dari mass media, baik itu berupa media cetak maupun media elektronik. Dan itulah ujian bagi kaum muslimah sekarang.
Maka adalah mustahil apabila sebuah keluarga menginginkan untuk mencetak putra-putrinya menjadi generasi-generasi yang sholeh dan sholehah, apabila dirumah masih terdapat televisi, sebab televisi itu bukanlah sarana pendidikan, akan tetapi televisi adalah sarana pembodohan!
Televisi mengajarkan untuk berpakaian jahiliyah, televisi mencontohkan adab-adab dan perilaku seperti orang barat, cara makan, cara berbicara, cara duduk, cara tertawa sampai pada cara pola pikir yang jahiliyah. Sinetron televisi hanya mengajarkan kepada seorang muslimah atau seorang istri untuk pintar cerewet dan pintar ngeyel pada suami.
Maka ujian kaum muslimah sekarang ini adalah ujian yang sangat berat. Karena ditangan para muslimahlah generasi-generasi umat Islam akan dididik. Ingat sebuah sya’ir arab: “ Al ummu madrasatun “. Ibu adalah madrasah ( sekolah ) pertama bagi putra-putrinya. Bagaimana seorang ibu dapat mendidik putra-putrinya dengan baik kalau dirinya sendiri masih berpakaian jahiliyah, telanjang, dilaknat Allah ta’ala dan RosulNya ?!
Pakaian muslimah sekarang kebanyakan adalah pakaian jahiliyah, dilaknat Allah ta’ala dan RosulNya. Berpakaian tapi telanjang. Kainnya sangat tipis …… dan ketat. Bahkan jika tertiup anginpun dapat terbang. Ukurannya lebih pantas untuk dipakaikan kepada anak kecil. Padahal kalau ditinjau dari segi kesehatan, pakaian yang seperti itu justru mengganggu jalannya peredaran darah, untuk bergerakpun sulit. Apalagi memakai celana jeans ketat, atasnya memakai kaos lengan panjang ketat, tipis transparan tampak lekuk tubuh dan warna kulitnya. Mereka itulah para wanita yang digambarkan oleh Rosululloh Salallahu ‘alaihi wasalam, tidak akan mencium baunya syurga, padahal baunya syurga itu dapat dicium pada jarak sekian dan sekian. Dan mereka itulah para wanita yang dilaknat oleh Allah ta’ala dan RosulNya. Tidak akan bisa merasakan nikmatnya syurga ( jannah ) yang telah dijanjikan Allah ta’ala.
Mereka muslimah, saudara kita. Tapi mereka enggan dan malu untuk menampakkan identitasnya sebagai seorang muslimah. Enggan dan malu untuk berakhlaq sebagai seorang muslimah. Kita lihat disekeliling kita, muslimah-muslimah, mulai dari yang barui menginjak remaja sampai ibu-ibu, mereka berpakaian, tapi mereka lebih suka dan lebih bangga memakai pakaian jahiliyah, mereka lebih suka dan lebih bangga menampakkan gaya seperti orang-orang barat, orang-orang kafir.
Islam tidak menafikkan keindahan, akan tetapi keindahan itu harus sesuai dengan syari’at Islam.
Wanita didalam pandangan Islam adalah mulia. Dia adalah aurat yang wajib untuk ditutupi ketika berada diluar rumah. Tidak pantas baginya untuk bertabarruj, tidak layak kecantikan dan keindahannya dipamerkan dan dijual murah untuk dinikmati semua orang. Karena seorang muslimah adalah wanita mulia, dia tidaklah sama dengan wanita kafirah atau musyrikin yang rendah, hina lagi dilaknat Allah ta’ala.
Islam telah memerintahkan kepada para muslimah untuk berpakaian seperti yang diperintahkan Allah ta’ala didalam surat An-nuur : 31 : “ Katakanlah kepada wanita yang beriman : “ Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang ( biasa ) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka…” Dan juga Allah ta’ala perintahkan dalam surat Al Ahzab : 59 “ Hai nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: “ Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. “ Yang demikian itu supaya mereka lebih dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah ta’ala adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ”
Tidak ada ajaran didalam agama manapun yang mampu menjaga kehormatan seorang wanita, selain didalam ajaran Islam.
“ Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah ta’ala dan seruan RosulNya apabila Rosul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah ta’ala membatasi antara manusia dan hatinya, dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan “ ( Al-Anfal : 24 ).
Wallahu ta’ala a’lamu bisshowab

Oleh : Ummu Shodiq Abdurrahman

No comments: